10 Kesalahan Terbanyak bagi Pebisnis Pemula


1. Menciptakan / menjual produk yg menurut kita "hebat", padahal gak ada pasarnya, makanya perlu ada pemetaan segmentasi pasar dan apa kebutuhan2 mereka yg belum dipenuhi pasar.
2. Salah merekrut karyawan, "Good Employee" adalah karyawan yg digaji sebanding dengan kontribusinya kepada bisnis kita.
3. Kurang fokus, bisa jadi karena masih "nyambi" bekerja di kantoran atau punya hobi "buka" bisnis baru.
4. Gagal mengeksekusi sales & marketing, karena tidak punya PLAN - DO - CHECK - ACT atau istilah lain dari "Rencanakan, Kerjakan, Cek, Tindak lanjuti"
5. Tidak punya partner/co founder yg tepat, patner yg baik adalah yg sudah punya pengalaman di bisnis yg sama apalagi berperan ganda sebagai investor sekaligus mentor bisnis kita.
6. Mengejar investor, bukan pelanggan/konsumen, pola pikir investor salah satunya apakah bisnis kita punya konsumen atau pasar yg pasti?
7. Kurang meyakinkan utk menghasilkan uang, karena pekerjaannya dis-continue alias senin-kamis
8. Terlalu boros, bisnis pemula harus berpikir cermat untuk mengeluarkan pengeluaran sekecil apapun termasuk membeli gorengan sekalipun
9. Malas bertanya / cari bantuan, solusinya perbanyak pergaulan dlm komunitas2 bisnis dan sering2 hadiri seminar atau pelatihan.
10. Mengabaikan social media, trend dunia sudah berkembang bro !!! hari gini ngga jualan di facebook dan twitter kalah sama anak SMA yg bisa menghasilkan ratusan juta cuma dari social media.
U

Komentar

Postingan Populer