Jasa Desain Kemasan di Lampung
Desain kemasan adalah
alat terakhir pemasaran dalm beriklan. Begitu pula kemasan yang dirancang
efektif dapat mempermudah konsumen dalam membawa dan menyimpannya.
Kemasan dirancang dengan tidak
meninggalkan ciri khas dan unsur-unsur yang ada pada produk yang diwakilinya,
berutjuan agar konsumen merasa aman dan nyaman bahwa produk yang dibelinya
merupakan produk yang dia inginkan, tidak salah isi. Sebagai contoh, kemasan
kue sebaiknya menampilkan produk kue yang ada didalamnya dan jika memungkinkan
disediakan area transparan agar isi dapat terlihat oleh konsumen.
Kemasan bukan hanya sekedar bungkus
namun juga pelengkap rumah tangga, sebuah botol saus yang bagus dengan etiket
menarik dapat menyemarakkan suasana di meja makan. Sebuah tas kemasan plastik
“Hero” kini berubah fungsi sebagai ajang pamer ibu-ibu rumah tangga bahwa dia
pernah beli di sana. Kemasan makanan masa kini yang dibuat multi fungsi sebagai
take away dapat menjadi sarana pemasan yang kuat, bahkan dikoleksi.
Berikut adalah beberapa fungsi kemasan
- Kualitas kemasan dapat menumbuhkan kepercayaan
pembeli bahwa produk yang diwakilinya adalah produk yang berkualitas.
- Membangun citra perusahaan, seringkali produk
kemasan menyertakan identitas perusahaan dalam berbagai bentuk seperti warna, logo dan komunikasi pesan.
- Mempengaruhi calon pembeli untuk menetaphkan
pilihan terhadap produk yang dikemasnya. Jika disandingkan dua desain kemasan yang bagus
(warna cerah,
bentuk unik) dan satunya jelek (warna kuram, bentuk biasa,) untuk produk
yang baru dikenal oleh konsumen biasanya akan dipili desain yang lebih
baik.
- Tampak luar kemasan akan menimbulkan kesan yang
benar tentang isi barang yang dikemas didalamnya.
- Mudah didistribusikan, tahukah Anda seberapa
ribet distribusi sutu produk. Dia dari parbik akan dimasukkan ke gudang
kemudian diserahkan ke distributor masuk ke gudang lagi. Selanjutnya akan
dikirim ke pengecer yang juga akan masuk gudang. Terakhir dia akan
diletakkan ke rak etalase penjualan. Dari serangkaian proses tersebut
menuntut kemasan harus mudah didistribusikan melalui bahan yang tepat dan
bentuk yang memungkinkan tidak menghabiskan tempat. Sama halnya dengan
produk yang dibawa pulang, kemasan yang didesains cara tepat dan efektif
tidak lagi membutuhkan tas jinjing yang pada akhirnya menambah biaya
produksi.
- Sebagai alat promosi terakhir, selalu kami
singgung masalah ini karena itu terjadi dan bahkan Anda sendiri mengalami.
Jejeran produk sejenis di rak penjualan akan saling berteriak “belilah
aku”. Dia yang paling lantang akan didengar konsumen baru. Kami menuliskan
konsumen baru karena jika konsumen sudah loyal pada suatu produk dia akan
sulit berpaling. Misal dari rumah saya ingin beli snack rasa jagung. Jika
dia sudah loyal pada suatu produk biasanya enggan untuk berpaling. Jika
dia masih ingung apa yang dicari disitulan peran desain kemasan
diandalkan. Lebih dari 10% orang masuk di swalayan tahu akan beli apa
saja. Itu adalah sasaran yang dicari. Ahli pemasar menyatakan dengan
memenangkan 10% dari pasaran anda akan menjadi pemain utama ceruk pasar /
market nicher.
Komentar
Posting Komentar